PROFIL

PROFIL BIDANG KEMAHASISWAAN DAN KERJASAMA IAIN PONTIANAK

Secara struktur dan tupoksi yang tertuang dalam SATUTA IAIN Pontianak, bidang kemahasiswaan dan kerjasama diemban oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama yang bertugas membantu rektor dalam menerjemahkan kebijakan-kebijakannya. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, wakil rektor bidang ini berstruktur ke bawah dengan kepala bagian (kabag) akademik dan kemahasiswaan dalam skala institut untuk menerjemahkan kebijakan-kebijakan dibidang kemahasiswaan, kerjasama, dan alumni. Sedangkan kepala bagian akademik dan kemahasiswaan berstruktur ke bawah dengan kepala sub bagian (subbag) kemahasiswaan, kerjasama, dan alumni dan dibantu oleh staf kasubbag.

Bidang ini juga membina dan bertanggung jawab atas organisasi mahasiswa (ormawa) terutama di tingkat institut yang terdiri dari, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa Institut (SEMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), serta beberap club. Selain itu, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama juga berkordinasi dengan para wakil dekan bidang kemahasiswaan, kerjasama, dan alumni di tingkat fakultas.

Selain berkecimpung dengan kemahasiswaan dengan seluruh derivasinya seperti pembinaan organiasasi, prestasi, bakat dan minat, bidang ini juga menguruis berbagai kerjasama institut untuk meningkatkan kapasitas dalam cakupan tridarama perguruan tinggi. Demikian juga dengan urusan alumni. Bidang ini bertanggung jawab atas seluk beluk alumni yang biasanya tergambar dalam program tracer study (survey pelacakan alumni)

Seluruh aktivitas bidang kemahasiswaan dan kerjasama dapat diakses secara luas oleh publik melalui situs resmi bidang kemahasiswaan dan kerjasama melalui situs www.kemahasiswaan.iainptk.ac.id